20 Manfaaat Menakjubkan Buah Semangka Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Semangka atau citrullus lanatus adalah jenis buah yang diproduksi dari tumbuhan yang merambat, berasal dari kawasan setengah gurun di afrika selatan. Buah yang satu ini sangat cocok sekali dikonsumsi pada saat musim panas, karena rasanya yang segar. Semangka termasuk golongan cucurbitaceae yang bersudara dengan buah-buahan seperti melon dan labu, sebab sama-sama dihasilkan dari tanaman yang merambat.

Ciri semangka meliputi bentuk yang besar, berbentuk oval, bagian luar tubuhnya memiliki kulit yang hijau dengan garis-garis kuning, dan banyak biji, tetapi ada juga variasi lainnya tanpa biji. Biasanya kulit yang bisa dimakan bewarna merah muda dengan banyak dataran. Rata-rata warna daging buah ini yang paling umum dikonsumsi bewarna merah, sebetulnya ada variasi lain memiliki warna oranye, kuning, dan putih. Menurut admin, musim yang paling efektif untuk mengkonsumsi buah ini yaitu musim panas.

Selain memiliki rasa yang lezat, buah ini juga dapat meningkatkan kondisi tubuh dengan antioksidan lycopene dan vitamin A. Di dalamnya terdapat kandungan gula 6% dan air 92%. Hal ini dapat mencegah masalah dehidrasi pada saat musim panas. Selain untuk kesehatan, buah semangka juga bisa difungsikan untuk produk lipstik, lip glosses, essensial, shower gel, dan minyak wangi karena fungsinya yang menyegarkan.

A. Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Semangka termasuk buah yang rendah lemak dan kolestrol, serta memiliki sumber antioksidan kondusif yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu juga memiliki antioksidan yang biasa disebut senyawa citrulline, fungsinya untuk menjaga dan melindungi asam amino jenis histidin-arginin. Asam amino yang satu ini sangat diperlukan untuk produksi asam nitrat agar tetap membantu menjaga elastisitas arteri dan pembuluh darah dengan memisahkan interaksi stres oksidiatif.

Semangka bewarna merah memiliki sumber antioksidan lycopene yang menjalar ke seluruh bagian tubuh, sehingga mampu megurangi radikal bebas. zat antioksidan lycopene mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker prostat.

2. Mencegah Kanker

Bagi anda yang sedang menjalankan program kesehatan untuk mencegah penyakit kanker secara alami, maka buah semangka sangat efektif untuk menjadi penunjang menu makan. Di dalamnya mengandung senyawa likopen yang berguna untuk melindungi sel dari kehancuran yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, dapat mencegah seperti kanker payudara, prostat, rahim, paru-paru, dan colourectal.

Para peneliti meyimpulkan bahwa kandungan senyawa dalam buah yang besar ini sangat ampuh untuk mencegah kematian dalam sel-sel kanker payudara.

3. Melindungi Kesehatan Ginjal

Semangka memiliki sifat diuretik yang dapat mendukung meningkatkan jumlah aliran urin tanpa membuat lelah ginjal. Selain itu juga mengandung potassium yang membantu dalam menunjukan suatu aktivitas akumulasi deposito garam batu kapur dari ginjal dan bisa melakukan pengurangan konsentras asam urat di dalam darah, sehingga meminimalisasi risiko penyusunan batu ginjal.

Semangka juga dapat meyakinkan hati untuk melakukan amonia (limbah dari pencernaan protein), sehingga meredakan ketegangan pada ginjal dan membuang cairan yang belebihan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Buah ini memiliki kandungan kalium dan mangan yang berfungsi untuk menngonrol tekanan darah. Selain itu antioksidan di dalamnya juga aktif untuk melindungi kesehatan prmbuluh darah agar terhindari dari sclerosis. Maka dari itu, dapat menjadikan kurangnya gerakan dari sektor pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Apakah anda tahu bahwa semangka dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita ? Karena didalamnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk melindungi integritas redoks sel, sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal oksigen reaktif.

6. Mampu Menyembuhkan Luka

Jika anda bingung memilih buah yang ingin dikonsumsi agar cepat menyembuhkan luka, maka buah semangka jawabanya. Sebab, buah ini memiliki kandungan vitamin C juga dapat membantu proses penyembuhan luka, karena terlibat dalam pembentukan jaringan ikatan baru.

Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kegunaan enzim yang berperan dalam kolagen atau komponen utama dalam proses penyembuhan luka. Selain itu arginin pada buah ini dapat mengontrol kecepatan pengiriman sel darah putih ke bagian yang cidera.

7. Mengontrol Otot dan Saraf

Semangka merupakan buah yang memiliki kalium tinggi. Memiliki zat larut alami yang sangat tinggi, maka dari itu dapat mengontrol aktivitas otot dan saraf pada tubuh kita. Kalium sendiri merupakan sebuah mineral yang dapat memastikan tingkat kontraksi otot dan mengatur eksitasi saraf pada tubuh.

8. Meningkatkan Energi

Wajib anda ketahui, bahwa saat mengkonsumsi buah semangka per harinya dapat meningkatkan energi sampai 23%. Keadaan ini timbul karena disebabkan oleh vitamin B6 yang dipakai oleh tubuh untuk mensintesis dopamin dan magnessium yang dapat mendukung pembentukan adenosin trifosfat. Adenosin trisfofat adalah sebuah nukleotida yang berfungsi untuk menyuplai sebuah energi ke dalam tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata secara alami mempunyai masalah mata minus atau sering menatap layar kaca, maka buah semangka cocok untuk dijadikan menu konsumsi keseharian. Sebab, mempunyai sumber beta karoten yang akan dirubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Hal ini mendukung dalam menciptakan pigmen pada retina mata, sehingga dapat menjaga proses degenerasi makula terkait usia dan mencegah kebutaan malam.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Semangka mampu mendukung meningkatkan kualitas tidur anda, karena di dalamnya mengandung karbohidrat polisakarida yang bisa meningkatkan output tubuh serotonin. kenaikan kadar serotonin pada malam hari dapat membuat otak kurang sensitif terhadap rangsangan yang menggoda seperti suara selama anda tidur.

Memakan beberapa iris buah tersebut sebelum melakukan makan malam dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak hingga 27%.

11. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Semangka memiliki kandungan zat fitonutrien yang besar, biasa disebut dengan citrulline. Kandungan ini dapat mendukung peningkatan tingkat arginine di dalam tubuh. Arginine sendiri adalah asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. 

12. Kesehatan Lainya : 

  • Menjaga kesehatan tulang,
  • Menurunkan berat badan,
  • Mencegah sariawan.

 B. Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Anda mengalami masalah jerawat ? Tidak tahu cara menghilangkan jerawat secara alami ? Nah tepat sekali, buah semangka merupakan salah satu alternatif yang ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Caranya : Bersihkan terlebih dahulu wajah anda menggunakan air. Siapkan jus semangka + kapas, pertama-tama masukan kapas ke dalam jus tersebut, lalu oleskan saja ke wajah anda pada bagian jerawat atau secara menyeluruh lebih baik. Tunggu hingga 15 menit, terakhir bilas dengan air bersih.

2. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Apakah anda memiliki jenis kulit yang kering dan kusam ? Kedua masalah tersebut muncul karena kekurangan cairan air atau dehidrasi. Jika anda memiliki kulit yang kering, maka dapat mempraktekan konsumsi semangka + madu untuk tetap menjaga kelembapan dan agar kulit terhidrasi.

3. Mencegah Penuaan Sejak Dini

Perlu diketahui, bahwa radikal bebas yang terpendam di dalam tubuh bertanggung jawab penuh atas penyebab kemunculan garis-garis halus, keriput atau kendur, dan bintik-bintik. Semangka mempunyai kandungan antioksidan seperti likopen, vitamin A dan C. Nutrisi ini mampu membantu mengatasi radikal bebas pada tubuh, sehingga menghalangi tanda-tanda penuaan sejak usia dini.

4. Mengurangi Kelebihan Minyak Pada Kult

Mempunyai wajah yang berminyak dapat memicu timbulnya jerawat dan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu, semangka sangat bagus sekali bagi kesehatan kulit, karena memiliki kandungan vitamin A. Buah ini juga mengurangi kadar minyak disekresikan oleh kelenjar sebaceous.

5. Toner atau Penyegar Wajah Secara Alami

Untuk sobat yang suka merawat penampilan agar tetap cantik, maka kurang lengkap jika belum mengkonsumsi buah semangka. Caranya cukup mudah, cukup dengan memijat kulit dengan irisan semangka yang masih segar.

6. Meremajakan Kulit

Buah semangka sangat ampuh untuk mengganti sel-sel kulit mati dengan yang baru atau fresh. Caranya cukup dengan menjadikan buah ini sebagai masker.

Nah itu saja artikel tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat.

    20 Manfaaat Menakjubkan Buah Semangka Untuk Kesehatan & Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown