23 Manfaat Ajaib Buah Pir Untuk Kesehatan, Kecantikan, & Kehamilan

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Kecantikan, & Kehamilan - Pir dapat dikatakan sebagai buah yang populer dikalangan masyaraka indonesia, karena memiliki rasa yang manis dan akan memunculkan kesegaran tersendiri jika dibuat menjadi jus. Buah ini dapat difungsikan untuk menjaga kesehatan, merawat kecantikan, dan melindungi ibu hamil pada saat proses kehamilan.

Beberapa variasi buah pir yang paling populer :

Buah pir dikelompokan menjadi 2 menurut asalnya, yaitu pir asia dan eropa. Buah ini memiliki lebih dari 2000 variasi di seluruh dunia. berikut beberapa varisasinya :

Jenis Ciri-ciri
Bosc Memiliki warna yang coklat, lebih panjang, lehernya lancip atau meruncing, dan rasanya manis seperti madu.
Bartlett Jenis yang satu ini dianggap yang paling baik dari lainya. Bewarna kuning dan hijau.
Comice Memiliki bentuk yang bulat, tidak terlalu tinggi, memiliki warna yang merah dan hijau, memiliki tekstur daging yang lembut, serta mengandung banyak air.
Forelle Mempunyai warna kehijauan dan berbintik-bintik. Jenis ini termasuk yang berukuran kecil dan warnanya akan berubah kuning jika matang.
Starkrimson Mempunyai bentuk leher yang tipis dan bewarna merah cerah.

Apa saja kandungan gizi dalam buah pir ?

Pir dipercaya untuk mengobati berbagai masalah atau penyakit yang terdapat pada tubuh kita. Para penelitian melakukan sebuah tes untuk menguji apa saja kandungan yang dihasilkan oleh buah ini, dan hasilnya mengandung mineral, vitamin B-Kompleks, vitamin C, vitamin K, folat, fenolik, tembaga, serat, dan magnesium.

A. Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Ternyata pir dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker. Kandungan serat didalamnya dapat mengikat senyawa asam empedu sekunder. Perlu anda ketahui, jika tubuh menghasilkan asam empedu sekunder secara berlibahan dapat memicu kanker kolorektal. Asam hydroxycinnamic yang dimiliki oleh bua pir mampu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan perut. Mengkonsumsi 1 porsi buah ini dalam sehari dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker payudara sampai 34% pada wanita.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah yang satu ini mempunyai sumber glutathione dan antioksidan cukup tinggi, yang dapat mengurangi kadar kolestrol dan melindungi tubuh dari serangan jantung. Memiliki kandungan kalium dan mineral yang dapat melindungi jantung anda tetap sehat.

Quercetin didalamnya juga dapat mencegah kehancuran arteri, jika arteri hancur maka dapat menyebabkan munculnya penyakit jantung. Mengkonsumsi buah pir setiap harinya bisa menghindari risiko serangan jantung hingga 50%.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Jika anda sedang mencari makanan untuk dikonsumsi sebagai pencegah diabetes, maka buah pir solusinya. Karena didalamnya mengandung flavonoid, yang dapat meningkatkan rangsangan insulin pada tubuh. Hal tersebut bisa menghindari terserang penyakit diabetes tipe 2 untuk pria dan wanita.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Gangguan pada tulang dapat terjadi kapan saja dan bahkan sejak usia dini. Buah ini mengandung boron yang membantu proses penyerapan kalsium dengan baik di dalam tubuh. Oleh karena itu jika anda ingin menghindarkan diri dari masalah pada tulang seperti osteoporosis, sebainyak memakan buah-buahan seperti pir.

5. Mencegah Gangguan Pada Tenggorokan

Pir mempunyai sifat anti-inflamasi yang baik, hal ini dapat membantu membersihkan dahak yang terdapat pada tubuh untuk melancarkan fungsi organ pernapasan. Anda bisa merebus 2 buah pir cina dengan perpaduan madu murni, setelah itu bisa langsung diminum saat masih hangat untuk menyejukan tenggorokan maupun pita suara. Anda dapat mengolahnya sebagai jus, dan meminumnya dua kali dalam sehari untuk mencegah gangguan pada tenggorokan.

6. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol tinggi sekarang bisa datang secara tiba-tiba, biasanya ditentukan oleh pola makan yang biasa disepelekan. Tenang saja buah ini mampu menurunkan kolestrol, karena kandungan pektin yang kental dalam buah pir, dapat mengurangi tingkat kolestrol dalam pembuluh darah. Selain itu, serat dalam buah ini mampu mengikat garam empedu. Garam empedu ini diciptakan oleh kolestrol , setelah itu serat akan mengeluarkan mereka dari tubuh.

7. Fiber

Perlu diketahui bahwa pir merupakan salah satu buah yang kaya serat terbagus. Jika anda memakan satu buah pir berukuran sedang menghasilkan serat dan pektin hingga 30, yang dapat membantu merapatkan usus serta menurunkan kadar kolestrol. Mengkonsumsi makanan yang tinggi seratnya bisa mencegah perut kembung yang diakibatkan oleh sembelit dan mencegah wasir.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mungkin anda bingung memilih makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit. Tenang saja, pir bisa membantu menghindari berbagai penyakit. Karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan seperti vitamin C dan tembaga, yang membantu melawan berbagai jenis penyakit.

9. Meningkatkan Energi

Sering mengalami kecapean akibat energi selalu digunakan untuk menjalankan aktivitas ? Nah solusinya bisa dengan mengkonsumsi buah pir. Sebab, kandungan glukosa yang cukup tinggi di dalam buah ini dapat memberikan energi secara instan dan cepat ketika anda merasa capek atau lemah. Zat ini akan dicerna langsung oleh tubuh dan dikonversi menjadi sebuah energi.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Satu porsi buah pir dengan ukuran sedang menghasilkan kandungan serat sekitar 20-25%, maka dari itu sangat direkomendasikan untuk penunjang makan anda setiap harinya. Serat sendiri akan bergerak melalui usus dan mencegah polip usus besar. Selain itu kandungan ini juga dapat diandalkan untuk memperbaiki pencernaan.

11. Tidak Memiliki Sifat Alergi

Banyak buah yang menimbulkan alergi pada tubuh kita jika dikonsumsi, tetapi tidak pada pir. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsinya akan sangat bermanfaat dan dapat menyalurkan berbagai asupan gizi ke bayi.

13. Mencegah Radikal Bebas

Buah pir memiliki kandungan antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat mengganggu kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan janin.

12. Kesehatan Lainya

  • Menyembuhkan penyakit demam dengan cepat
  • Mengurangi perandangan seperti arthritis, karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya
  • Menghindari gangguan sesak napas yang rentan terjadi saat musim panas

B. Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Jika anda mengalami masalah kulit berminyak dan tidak mempunyai biaya atau malas untuk pergi ke spesialis perawat, maka anda dapat mengatasinya dengan buah pir. Selain mudah untuk dipraktekan, pengeluaran biayanya pun terbilang ekonomis. Untuk menghasilkan yang istimewa dapat dipadukan antara pir dengan madu. Gunakan krim alami buatan anda sendiri ini 3x dalam seminggu

2. Mencegah Kerusakan Pada Kulit

Serat yang dikandung dalam buah pir sangat berpengaruh dalam melindungi kulit tetap halus dan lembut. Kandungan ini dapat mengurangi laju debit gula ke dalam aliran darah dan menghindari kerusakan kolagen kulit yang diakibatkan lonjakan gula terus-menerus.

3. Menghindari Penuaan Usia Dini

Memakan buah pir setiap harinya dapat menghindarkan kita dari kulit keripur dan kendur sejak usia dini. Buah ini memiliki antioksidan seperti vitamin C, vitamin K, dan tembaga. Jika senyawa tersebut bersatu akan sangat ampuh untuk membasmi radikal bebas, sehingga dapat menjaga sel-sel kulit dari berbagai masalah. Oleh karena itu dapat mendukung dalam mengencangkan kulit dan mengontrol pertumbuhan garis-garis di area dekat mata dan bibir.

4. Anti Jerawat

Bagi anda yang suka mengalami timbulnya masalah pada jerawat, maka dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti pir. Buah ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, selain itu juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membentuk benteng perlindungan yang kuat secara internal. Maka dari itu, kulit mampu mencegah kemunculan jerawat dan masalah lainya, yang disebabkan oleh infeksi dari dalam.

5. Merawat Bibir

Buah yang satu ini dapat difungsikan untuk perawatan bibir. Kandungan asam laktat dari buah ini bisa diandalkan untuk melindungi sel-sel bibir. Akibatnya, bibir anda akan terasa jauh lebih sehat dan terhidrasi dalam waktu yang lama.

6. Mengatasi Rambut Kering

Buah ini memiliki sifat sebagai pelembab, yang dapat mengatasi masalah kekeringan pada rambut. Vitamin C yang dihasilkan oleh pir dapat berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi helai rambut serta menjaga sel-sel pada kulit kepala.

7. Menghaluskan Rambut

Pir mempunyai khasiat yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rambut kusam.

Caranya : Cukup dengan mencampurkan ekstrak 1 buah pir matang dan 2sdm cuka sari apel dengan air. Kemudian oleskan ke rambut hingga kulit kepala secara menyeluruh. Tunggu sekitar 30 menit dan keramas menggunakan sampoo. Setelah itu anda akan melihat rambut lebih halus dan kinclong.

Demikian pembahasan artikel tentang manfaat buah pir untuk kesehatan, kecantikan, & kehamilan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan mulai dari sekarang anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

23 Manfaat Ajaib Buah Pir Untuk Kesehatan, Kecantikan, & Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown